Sosialisasi SPIP Di RSUD Al Ihsan Provinsi Jawa Barat

Penulis : administrator


Tanggal Posting : 14 Juli 2020 13:50 | Dibaca : 103


Sosialisasi SPIP Di RSUD Al Ihsan Provinsi Jawa Barat

Sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia  Nomor 52 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah,  perlu membangun pilot project pelaksanaan reformasi birokrasi yang dapat menjadi percontohan penerapan pada unit kerja instansi pemerintah. Untuk itu, perlu secara konkret dilaksanakan program reformasi birokrasi pada unit kerja melalui upaya pembangunan Zona Integritas.

RSUD Al Ihsan  diusulkan sebagai Unit Kerja Berpredikat Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat . Seiring dengan hal itu, salah satu kegiatan yang mendukung pembangunan zona integritas, RSUD Al Ihsan menyelenggarakan Sosialisasi  Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP)  dengan menghadirkan narasumber internal dari Tim SPI (Satuan Pengawas Internal) RSUD Al Ihsan Kegiatan 2 (dua hari)  tanggal 29-30 Juni 2020 dengan peserta terdiri dari pejabat struktural, pejabat fungsional, PPK, Pejabat Pengadaan dan Tim WBK / WBBM  serta Tim ZI.

 

  • Direktur RSUD Al Ihsan , dr. Dewi Basmala, MARS memberikan pengarahan dan sambutan pembukaan pada acara dimaksud. Beliau berharap  semua civitas hospitalia memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan sehingga mampu membangun mengimplementasikan SPIP pada kebijakan-kebijakan dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab masing-masing.
  • Materi yang disampaikan pada Sosialiasasi SPIP di lingkungan RSUD Al Ihsan adalah sebagai berikut :
    1. Sistim Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) merupakan Proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.
    2. Tujuan
  • Mewujudkan tata kelola penyenggaraan Pelayanan Kesehatan yang efektif dan efisien di RSUD Al Ihsan
  1. DASAR HUKUM
  • Peraturan Pemerintah No 60. Tahun 2008 Tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)
  • Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 10 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Sistem Pengendalian InternPemerintah di Lingkungan Provinsi Jawa Barat
  • Keputusan Direktur RSUD Al Ihsan Provinsi Jawa Barat Nomor 700/Kep.4180-RS Ihsan/2018 Tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Lingkungan RSUD Al Ihsan

Unsur SPIP

 

4. PELAKSANAAN SPIP

a. Pembuatan kebijakan SPIP RSUD Al Ihsan berdasarkan Keputusan Direktur RSUD Al Ihsan Provinsi Jawa Barat Nomor 700/Kep.4180-RS Ihsan/2018 Tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Lingkungan RSUD Al Ihsan

b. Pembentukan Tim Satgas SPIP RSUD Al Ihsan berdasarkan Keputusan Direktur RSUD Al Ihsan Provinsi Jawa Barat Nomor 700/Kep.4179-RS Ihsan/2018 tentang Satuan Tugas Penyelenggaraan  Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Lingkungan RSUD Al IhsanProvinsi Jawa Barat

c. Penyusunan  Penilaian  Resiko di lingkungan RSUD Al Ihsan dilaksanakan tiap tahun anggaran

d. Pembuatan Rencana Tindak Pengendalian

e. Monitoring dan Evaluasi Kegiatan

 

Emergency Call : 022-5940872 / 022-5941709

LINK TERKAIT